Inisiator Pemekaran Jadwalkan Pertemuan dengan Ketua Komisi II DPR RI dan Ketua DPD Lanyalla

 

JAKARTA – Tim Independen Inisiator Pemekaran Kabupaten/Kota Provinsi Riau menjadwalkan pertemuan dengan Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tandjung, dan Ketua DPD RI, AA Lanyalla Mahmud Mattalitti, di Senayan.

“Dalam pertemuan itu kami akan membahas secara mendalam wacana pemekaran kabupaten dan kota di Riau,” kata Nasir Day, perwakilan Tim Inisiator Pemekaran Kabupaten/Kota Provinsi Riau di Jakarta, Rabu (15/2/2023).

Surat permohonan pertemuan atau audiensi kata Nasir telah diberikan secara langsung ke Sekretariat Jenderal DPR RI dan ke staf di Komisi II DPR RI.

“Surat rencana pertemuan juga telah diberikan langsung ke staf Ketua DPD RI Lanyalla,” kata Nasir Day.

Setelah penyerahan surat ini, demikian Nasir, maka tinggal menunggu jadwal pasti pertemuan dengan para tokoh yang tergabung dalam Tim Independen Inisiator Pemekaran Kabupaten/Kota Provinsi Riau.

“Insya Allah, sebelum Ramadan atau setelah masa reses anggota DPR RI, tim sudah bisa bertemu dengan ketua dan anggota Komisi II DPR RI serta Ketua DPD RI Lanyala dan anggota DPD RI perwakilan Riau,” katanya.

Sebelumnya, Koordinator Tim Insependen Inisiator Pemekaran Kabupaten/Kota Provinsi Riau, Syamsul Rakan Chaniago mengatakan, seluruh tokoh masyarakat dari berbagai wilayah kabupaten/kota telah sejalan dan sependapat untuk pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB).

Menurutnya, tim sudah ketemu dengan ketua dan seluruh anggota Komisi I DPRD Riau, para tokoh Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), para tokoh di Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR), para tokoh masyarakat di sejumlah wilayah kabupaten/kota, Gubernur dan Wakil Gubernur Riau.

“Pada intinya, semua sepemahaman dan sepakat bahwa pembentukan DOB ini akan memberi dampak positif bagi percepatan pembangunan, ekonomi, pendidikan, dan kesehatan rakyat,” kata Syamsul Rakan.

Syamsul menjelaskan, saat ini ada sejumlah aspirasi masyarakat untuk pembentukan beberapa DOB, beberapa telah diwacanakan bahkan telah sampai ke program legislasi nasional (Prolegnas) sejak beberapa tahun silam.

Sejumlah wacana DOB yang telah sampai pada tahapan Prolegnas adalah; wacana Kabupaten Indragiri Selatan pisah dari Indragiri Hilir, Gunung Sahilan pisah dari kabupaten induk Kampar, kemudian Rokan Darussallam yang pisah dari Kabupaten Rokan Hulu.

Menyusul wacana DOB lainnya meliputi Kabupaten Indragiri Utara (Inhil), Kota Duri (Bengkalis), Kuantan Hulu (Kuansing), Kota Bagansiapiapi (Rohil), Kota Perawang (Siak), Tambusai Raya (Rohul) dan Tapung Raya (Kampar). ***

Pos terkait