Walikota Pekanbaru Paparkan Tips Wujudkan Smart City di Muskomwil I Apeksi

  • Whatsapp

Pekanbaru, WartaPesisir.com – Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) I Regional Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (Apeksi) di Kota Pekanbaru, Riau resmi dibuka Kamis (1/2/2018) di Hotel Aryaduta Pekanbaru. Muskomwi ini bertema ‘Kesiapan pemerintah daerah dalam rangka menjaga keberlanjutan program pembangunan daerah’.

Acara yang berlangsung hingga tanggal 3 Februari 2018 ini dihadiri 24 Walikota Se-Sumatera. Pada pembukaan itu, Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT memaparkan tips untuk wujudkan Smart City Madani.

“Pembangunan di segala bidang dalam mewujudkan Pekanbaru smart city atau kota Pintar sudah menjadi kebutuhan. Hal itu seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi IT yang terjadi saat ini,” kata Firdaus, sebagaimana dilansir Situsriau.com.

Kata dia, Smart City yang didengungkan Pemerintah Kota Pekanbaru selama ini terdiri dari enam pilar. Ke enam pilar tersebut yaitu Smart Govermance (Tata Kelola Pemerintah yang Pintar, Smart People (Penduduk yang Pintar). Selain itu,  Smart Economy  (ekonomi yang pintar), Smart Environment (lingkungan yang pintar) Smart Living (kehidupan yang pintar), dan Smart Mobility (mobilitas yang pintar).

“Pilar-pilar ini sudah menjadi sebuah kebutuhan di Kota Pekanbaru. Makanya semua komponen harus cerdas menyikapinya, sehingga pembangunan terus meningkat di masa datang,” jelasnya.

Sebagai langkah awal, lanjutnya, untuk mewujudkan pembangunan, Pemko Pekanbaru telah meluncurkan aplikasi berbasis online untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Langkah yang terus diberikan kepada masyarakat, agar pelayanan semakin cepat, tepat, akurat dan tuntas.

“Demi percepatan menjadikan Pekanbaru menuju kota cerdas, kami juga membuat Smart Card (Kartu pintar). Banyak kegunaan dari Smart Card ini dan bisa juga dipakai sebagai kartu ATM, Identitas, kartu prabayar dan sebagainya,” paparnya.

Lanjutnya, kartu ini nantinya digunakan sebagai pelayanan, seperti pelayanan di dinas pendidikan, dinas kesehatan dan dinas perhubungan. Selain itu, Smart Card juga bisa digunakan untuk belanja di mall. (red)

Sumber: Situsriau.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *