310 Warga Rohil Operasi Katarak Gratis

  • Whatsapp

Rokan Hilir, WartaPesisir.com – Sebanyak 310 warga Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau mendapat pelayanan operasi katarak gratis yang dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr RM Pratomo Bagansiapiapi.

“Operasi katarak ini adalah kegiatan yang ke lima kita bersama Lions Club. Hari ini kita kembali lagi melakukan kegiatan operasi katarak gratis yang memang secara rutin kita lakukan untuk masyarakat Kabupaten Rohil,” kata Koordinator kegiatan, Siswaja Muljadi di Bagansiapiapi, Kabupaten Rohil, Jumat (8/3) sore.

Bakti sosial operasi katarak tersebut, ujar dia, diselenggarakan oleh Lions Club Bagan Batu Bintang Mulia, Lions Club Medan Fortune, Lions Club Rantau Prapat Mitra, Pusat Pelayanan Masyarakat Lions Indonesia (PPMLI) bekerjasama dengan Kodim 0321/Rohil.

Siswaja mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan pasien berkat menyebarkan informasi kepada masyarakat baik melalui media sosial facebook, juga melalui teman-teman tim relawan yang ada di setiap kecamatan.

“Dari informasi yang tersebar inilah mereka dikumpulkan di Puskesmas terdekat, sehingga kita betul-betul bisa menjangkau pasien katarak yang ada di Rohil,” tuturnya.

Menurut dia, hampir setiap tahun jumlah pasien kurang lebih dari pengalaman beberapa tahun yang lalu itu sekitar 200. Tahun ini saja dari hasil yang dikunjungi di 18 Puskesmas mendapatkan 310 pasien.

“Diluar 310 ini ada juga tadi pagi yang datang mendapatkan informasi, yang masih baru tahu itu juga mereka langsung datang kesini dan kita layani juga. Jadi, hampir sekitar 50 pasien tadi datang mendaftar dan kita periksa. Kalau nanti ternyata dari hasil pemeriksaan memang mereka positif katarak dan kondisi kesehatannya mendukung, itu langsung kita tangani,” ujar Siswaja.

Ia mengharapkan kepada pasien pasca operasi agar lebih banyak istirahat dirumah.

“Tidak boleh menunduk kepala, tidak boleh merokok, tidak boleh terkena asap, debu, air, dan juga tidak boleh mengangkat barang-barang berat. Jadi, mereka harus banyak istirahat,” ujar Siswaja Muljadi, yang juga anggota DPRD Riau itu.

Sementara anggota DPRD Rohil, Ucok Mukhtar mengapresiasi kegiatan operasi katarak gratis yang setiap tahunnya dilaksanakan itu. Menurut dia, dengan adanya kegiatan tersebut pihaknya merasa terbantu untuk membantu masyarakat Kabupaten Rohil.

“Kami mengharapkan kepada pemerintah daerah juga bisa membuat kegiatan yang seperti ini dilakukan setiap tahunnya, supaya masyarakat yang terkena penyakit katarak itu berkurang dan bisa melihat seperti mana biasanya,” harapnya. (Fml)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *