Danramil Bersama Dinas Pertanian dan Petani Basmi Hama Tikus

Rohil (wartapesisir) —Hama tikus merupakan salah satu musuh bagi petani padi juga sebagai ancaman untuk keberhasilan tanaman padi mereka, untuk itu perlu dilakukan pembasmian hama tersebut agar hasil panen padi nantinya mendapatkan hasil yang baik dan memuaskan.

Komandan Koramil 05/Rimba Melintang Kapten Czi A.Panjaitan dan Babibsa, bersama Fungsional POPT Madya UPT Perlindungan Provimsi Riau Fadriya Andayani SP, Kadis DKPP Rohil H.Wan Rusli Syarif, Bhabinkamtibmas, Penghulu, PPL, Gapoktan dan masyarakat melaksanakan kegiatan gerakan pengendalian massal (Gerdal) pembasmian hama tikus, Selasa (30/6/2020).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Jalan Karmila sari Rt 14/Rw 04 Dusun Karya bakti, Kepengguluan Pematang Botam, Kecamatan Rimba Melintang.

Danramil 05/RM Kapten Czi A Panjaitan melalui Batituud Pelda Samsul Azhar mengatakan, sebelum melaksanakan kegiatan gerakan pengendalian massal, terlebih dahulu Fadriya Andayani.SP memberikan penyuhan kepada para petani cara pengelolaan lahan pertanian dengan baik agar nantinya mendapatkan hasil penen yang berkualitas dan memuaskan.

Pembasmian hama tersebut lanjutnya, dilakukan dengan cara membakar belerang yang kemudian dimasukkan ke dalam lobang tikus yang ada di pematang sawah lalu menutup kembali lubang tersebut dengan tanah agar asap dari bakaran belerang tersebut hanya menyebar ke dalam lobang tempat tikus bersarang.

“Selanjutnya hama tikus akan menjadi lemah untuk keluar dari sarangnya dan selanjutnya tinggal melumpuhkan hama tikus tersebut,”katanya.

Dari kegiatan gerakan pengendalian massal tersebut banyak melakukan pembasmian hama tikus dilahan pertanian masyarakat yang ada di Kepenghuluan Pematang Sikek Kecamatan Rimba Melintang.

Pos terkait