Wabup Rohil Menjadi Irup Hari Jadi Ke 65 Propinsi Riau Tahun 2022

Rohil (Warpes) – Memperingati Hari Jadi Ke 65 Provinsi Riau, Wakil Bupati (Wabup) Rokan Hilir (Rohil) menjadi Inspektur Upacara (Irup) Hari Jadi Ke 65 Propinsi Riau Tahun 2022, di depan kantor BPKAD Jalan Merdeka Bagansiapiapi. Rabu (9/8/2022)

Turun menghadiri, Sekda Rohil Ferry H. Praya Wakil Ketua II DPRD Basiran Nur Efendi, Kajari Yuliarni, APPY, SH., MH, Dandim 0321 Letkol. Inf.M. Erfani, SH.,M.Tr(Han), Kapolres AKBP. Andrian Pramudianto, SH, S.I.K., M.Si, Ketua PN. Rio Barten Timbul Hasahatan, SH.,MH, Ketua Pengadilan Agama Surya Darma Panjaitan, S.H.I., MH, Komdan Brimob Rohil Kepala OPD Rohil dan Ketua IDI Rohil

Hari jadi provinsi Riau ke 65 tahun 2022 dengan tema “Riau Unggul.

Pembaca Naskah dibacakan hari Jadi Ke 65 Provinsi Riau oleh Wakil Ketua II DPRD Rohil Basiran Nur Efendi, “Mewujudkan sumber daya manusia yang beriman berkualitas dan berdaya saing global melalui pembangunan manusia tentunya mewujudkan pembangunan infrastruktur daerah yang merata dan berwawasan.

Lingkungan mewujudkan pembangunan ekonomi negeri dan mengembangkan pariwisata yang berdaya saing mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan pelayanan publik yang prima berbasis teknologi informasi.

Dalam sambutannya, Wabup Rohil menyampaikan Presiden republik Indonesia Bapak Ir. Soekarno di Denpasar Bali menandatangani undang-undang darurat nomor 19 tahun 1957 yang kemudian diterbitkan pula undang-undang nomor 61 tahun 1958.

Pada tahun ini Presiden republik Indonesia Bapak Joko Widodo pada tanggal 25 Juli 2022 telah menandatangani undang-undang nomor 19 tahun 2022 tentang provinsi Riau di mana undang-undang tersebut telah disesuaikan dengan perkembangan daerah saat ini bapak ibu dan tuan serta hadirin yang berbahagia.

“Benang bukan sembarang benang benang emas jalinan penuh kenang bukan sedalam bukan sekedar tenang mengenang sejarah bertahun-tahun hari ini kita semua dapat menyaksikan puncak peringatan hari jadi ke-65 provinsi Riau tahun 2022 ini dengan suasana yang semarak sembari mengenal kembali jaminan sejarah berdirinya provinsi Riau.

Syarat dengan nilai-nilai moral dipersembahkan secara tulus oleh tokoh-tokoh pemuda pejuang maupun masyarakat Riau yang telah berjasa mendirikan provinsi Riau, pada masanya mari kita doakan semoga almarhum – almarhumah para pejuang yang telah berjasa dalam perjuangan mendirikan provinsi Riau mendapat tempat yang sebaik-baiknya di sisi allah subhanahu wa ta’ala,”ucap Wabup.

Lanjut Wabup, untuk para pejuang yang masih hidup semoga selalu diberikan kesehatan amin ya robbal alamin. Sejatinya sejarah selalu menyimpan sukacita serta kehilangan dan duka cita tentang harapan akan mimpi dan cita-cita mulia.

Sejarah sebagai cermin maka kita akan semakin berdaya untuk memberi makna kepada negeri ini dengan kemampuan yang kita miliki sebagai negeri yang di anugerah itu, kebudayaan dan sumber daya alam yang berlimpah mata kesuburan harus senantiasa diiringi dengan perbuatan yang berarti sehingga Riau pertama turun dengan melayunya dengan segenap kebudayaan dan keberagamannya menuju kemaslahatan bagi masyarakatnya.

Provinsi Riau menjadi salah satu pusat perekonomian di pulau Sumatera, pesatnya pembangunan di provinsi Riau telah kita rasakan bersama hal ini dibuktikan dengan pertumbuhan ekonomi yang semakin baik sebesar 4,88% pada triwulan 2 tahun 2022.

Realisasi investasi provinsi Riau berhasil meraih peringkat kelima sebesar 53, 027 adapun untuk tahun 2022 ini telah ditetapkan sebagai target sebesar 60, 46 triliun kepada provinsi Riau.

Januari sampai Juni 2022 telah mencapai 73,41% 60,46 triliun, dengan nilai realisasi 44,4 triliun, peringkat 5 nasional dengan serapan tenaga kerja sebanyak 32.000 385 orang keunggulan provinsi riautiful dapat dilihat dari produk domestik bruto terbesar kelima di Indonesia. Atau terbesar pertama di luar pulau Jawa dengan kontribusi sebesar 5,22% terhadap PBB nasional.

Kemajuan ekonomi ini juga didukung dengan pertumbuhan ekonomi syariah dan keuangan syariah di provinsi Riau sejarah dengan perkembangan perubahan reog Kepri menjadi Bank Riau Kepri Syariah di samping itu pembangunan manusia pada tahun 2021 sebesar 72,9,4 poin kategori tinggi atau peringkat ke-7 nasional 4,40% per Februari 2022 lebih rendah dari tercapai nasional sebesar 5,83%.

Tingkat kemiskinan provinsi Riau, juga menurun yaitu sebesar 6,78% Maret 2022 terhadap penanganan kemiskinan dan percepatan penurunan stunting di provinsi Riau provinsi Riau pada tahun 2022 telah,”

Selesai acara, Wabup melepaskan kontingen Pramuka kwarcab Rohil, di bumi perkemahan Cibubur. 14-21 Agustus 2022, kita berharap mereka selamat sampai tujuan kembali juga dengan selamat dan membawa nama baik Rohil, “tutupnya.

Apel di ikuti seluruh Asn, Ketua Ormas/Okp, Pimpinan Bank/Bumd, Ketua Suku, Upeka Kecamatan. (Ant).

Pos terkait