DPRD Rohil Gelar Paripurna Istimewa HUT Rohil Ke 24 Tahun

 

BAGANSIAPIAPI  РDalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) ke 24 tahun, DPRD Rohil menggelar rapat Paripurna Istimewa yang berlangsung khidmat Rabu (4/10/23).

Paripurna istimewa yang dipusatkan di ruang sidang utama itu dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Rohil Maston. Adapun tema dalam peringatan hari jadi negeri seribu kubah ini adalah Rokan Hilir yang Harmonis dan Damai (Handa).

Tampak hadir pada kesempatan itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong, Wakil Bupati H Sulaiman, mewakili Gubernur Riau M Job Kurniawan Asisten II Pemprov Riau, Dandim 0321 Rohil Letkol Kav Nugaraha Yudha Perwira Negara S.IP, Kajari Rohil Yuliarni Appy SH MH, Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto SH SIK, Ketua PN, Ketua PA, Ketua Bawaslu, Ketua KPU, para kepala OPD, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan berbagai unsur lainnya.

Selain itu juga hadir, DPRD Riau Dapil Rohil, Sekda Siak, Sekwan DPRD Labuhan Batu, Mantan Bupati Rohil, Wan Tamrin Hasim, H Annas Maamun dan H Suyatno, serta Mantan Sekda Rohil Wan Amir Firdaus dan Surya Arfan.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Rohil Maston pada kesempatan itu mengatakan, segenap unsur pimpinan dan anggota DPRD Rohil menyampaikan ucapan Terimakasih kepada seluruh undangan yang hadir telah bersedia untuk luangkan waktu nya pada acara tersebut.

Dikatakan Maston, bersempena HUT Rohil ke 24 tahun, saat ini seluruh lapisan masyarakat dengan suka cita merayakan hari jadi negeri seribu kubah. “Seiring berjalan waktu Rokan Hilir terus berupaya melakukan pembangunan dan berbenah menghadapi tantangan globalisasi, Rokan Hilir terus bergerak maju,” sebutnya.

Oleh karena itu lanjut Maston, momentum hari jadi ini bukanlah semata hanya peringatan saja. Akan tetapi dia mengajak untuk menjadikan momen ini untuk melakukan evaluasi terhadap gerak pembangunan yang telah dilakukan.

“Momentum ini hendaknya kita jadikan sebagai inspirasi untuk mengisi kembali keberlanjutan pembangunan serta peringatan sebagai ucapan terimakasih kita kepada tokoh pendiri Rohil, paparnya.

Diusia yang ke 24 tahun ini, Maston berharap daerah Rokan Hilir terus bekerja cerdas demi meraih cita cita agar mampu bersaing dengan daerah lainya dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Rohil.

“Walaupun telah banyak kemajuan, hal ini berkat sinergi seluruh pihak. Masih banyak yang perlu dibenahi untuk tuntaskan pembangunan, meraih kejayaan saat ini maupun dimasa datang,” pungkasnya.

Sementara itu Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya mengatakan, menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pendiri Kabupaten Rokan Hilir.

“Perlu rasanya dingat dan dicermati kembali, bahwa hakikat dari semangat perjuangan dalam pembentukan
Kabupaten Rokan Hilir, yang dengan melalui proses panjang dan berliku, serta memerlukan berbagai pengorbanan,” jelasnya.

Bupati menerangkan, sesungguhnya tidaklah hanya bertujuan memisahkan diri dari stuktur Pemerintahan Kabupaten Bengkalis, namun terbentuknya struktur pemerintahan baru yang saat ini bernama Kabupaten Rohil, tentunya hendaklah dapat kita pastikan, selain memperpendek rentang kendali terciptanya optimalisasi akses pelayanan pemerintah dan lebih mempercepat pelaksanaan pembangunan dalam mensejahterakan masyarakat, haruslah menjadi perhatian bersama.

“Sebagai penerus perjuangan bangsa, dan
pembangunan Rokan Hilir, kita hendaknya
menjadikan nilai-nilai dan semangat dari suatu perjuangan tersebut, sebagai motivasi dan orientasi kita didalam melaksanakan pembangunan,” pungkasnya.

Hadir HM Job Kurniawan AP MSi mewakili Gubernur Riau, yang juga berkesempatan menyampaikan pidato Gubri, bahwa saat ini pemerintah Provinsi Riau tengah fokus pada pembangunan infrastruktur, pendidikan dan kesehatan.

Job mengatakan, angka kemiskinan di Provinsi Riau umumnya menurun dari tahun ke tahun. Berdasarkan data dari BPS, bahwa tahun 2021 angka kemiskinan sebesar 7,0 persen turun di tahun 2022 menjadi 6,8 persen. Termasuk kabupaten Rohil juga turun.

“Insya Allah ke depan Rokan Hilir akan lebih baik dan maju. Perkembangan pembangunan Rohil juga didukung oleh pemerintah Provinsi Riau,” kata Job.

Mantan Sekda Rohil ini juga mengucapkan selamat hari jadi ke 24 tahun. Kabupaten Rohil telah menginjak usia dewasa, sehingga banyak dinamika yang terjadi namun masyarakat Rohil harus tetap kompak.

Kemudian itu, Job mengatakan, bahwa Kabupaten Rohil juga melakukan perhatian khusus dari Pemerintah Provinsi Riau untuk peningkatan pembangunan infrastruktur, pendidikan dan sebagainya dengan telah mengucurkan Bankeu sejak tahun 2019 sampai tahun 2023 ini sebesar Rp 1,4 triliun.

“Pemerintah Provinsi Riau akan terus memberikan perhatian khusus untuk Rohil melalui Bankeu. Alhamdulillah kurun lima tahun ini sudah disalurkan sebesar Rp 1,4 triliun lebih,” pungkasnya. (ADV)

Pos terkait