Peringati HUT Ke-73, Dandim: TNI Lahir dari Rakyat

BAGANSIAPIAPI, WartaPesisir.com- Dandim 0321/Rokan Hilir (Rohil), Riau Letkol Inf Didik Efendi mengharapkan supaya TNI dan rakyat semakin dekat dan semakin manunggal, karena TNI lahir dari rakyat.

“HUT ke-73 TNI ini kalau secara usia 73 tahun bukan waktu yang muda lagi. Kalau kita melihat kebelakang bahwasannya TNI ini lahir dari rakyat. Harapan kami kedepan TNI ini milik rakyat, untuk rakyat dan tugas-tugas yang dilaksanakan juga untuk kepentingan rakyat,” kata Dandim usai memimpin upacara peringatan HUT ke-73 TNI tahun 2018 di Lapangan Taman Budaya Batu 6 Bagansiapiapi, Kabupaten Rohil, Jumat (5/10).

Dandim mengatakan bila dilihat dari tugas pokok TNI, kalau misalnya melaksanakan kegiatan suatu mempertahankan negara, dimana TNI selaku komponen utama bersama komponen masyarakat bersama-sama mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sama untuk mempertahankan kedaulatan negara.

“Dengan adanya kedekatan antara TNI dan rakyat, kalau dibilang TNI itu ibu kandungnya ya rakyat. Jadi bagaimana seorang anak memperlakukan kepada orangtua (rakyat) sebagaimana layaknya seorang anak memperlakukan kepada orangtua, sehingga apa-apa yang menjadi kesulitan masyarakat saya berharap kedepan kita bisa bersama-sama dengan komponen lainnya bersinergi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang saya rasa kompleks. Tidak hanya permasalahan disalah satu bidang saja tapi banyak bidang yang perlu kita selesaikan bersama,” jelas Didik.

Sebelum memperingati HUT ke-73 TNI, terangnya, banyak kegiatan sosial yang sudah dilaksanakan Kodim 0321/Rohil seperti donor darah, bedah rumah tidak layak huni, memberikan bantuan korban gempa di Palu, pelaksanaan Tari Gemu Famire dan lain sebagainya.

“Dalam waktu dekat juga ada rangkaian kegiatan yang akan kita laksanakan bersama-sama dengan masyarakat seperti jalan santai,” ujar Letkol Inf Didik Efendi.

Kemeriahan HUT ke-73 TNI yang bertemakan “Profesionalisme TNI untuk Rakyat” di Kabupaten Rohil diwarnai dengan pemotongan tumpeng. Turut hadir Wakil Bupati Rohil Jamiludin, Kapolres Rohil AKBP Sigit Adiwuryanto, Kepala Kejaksaan Negeri Gaos Wicaksono, Ketua DPRD Nasrudin Hasan bersama Wakil Ketua DPRD Suyadi, Sekretaris Daerah Surya Arfan dan undangan lainnya. (Ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *