Puskesmas Termegah Rohil Diresmikan Bupati

Bagansiapiapi (wartapesisir) –Peresmian Puskesmas Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) langsung di lakukan oleh Bupati Rohil H Suyatno. Peresmian di tandai dengan penandatanganan prasasti serta pemotongan pita, Selasa (8/1/2019).

Peresmian di hadiri Wakil Bupati Drs Jamiludin, Ketua DPRD Rohil Nasrudin Hasan, Kajari Rohil Gaos Wicaksono, Sekda Surya Arfan, Dinas Provinsi Riau di wakili Kepala Bidang Kesehatan dr Yohanes, Camat, Kepala OPD, Lurah Dan Penghulu serta unsur lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Rohil Dahniar dalam penyampaiannya menyebutkan, pembangunan Puskesmas beradasarkan Praturan Presiden nomor 5 tahun 2018 tentang perubahan aturan Perpres nomor 23 tahun 2016 tentang petunjuk teknis Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Pembangunan puskesmas merupakan program prioritas nasional yang bersunber dari DAK dengan nilai pagu Rp 5 Milyar lebih, dengan rincian perencanaan sekitar Rp 216 juta, pembangunan fisik sekitar Rp 5 M serta pengawasan sekitar Rp 162 juta,”katanya.

Wilayah kerja puskesmas Bagansiapiapi lanjutnya, merupakan destinasi wisata bakar tongkang yang memerlukan layanan kesehatan yang berstandar.

Dalam pemenuhan layanan standar sebutnya, Puskesmas Bagansiapiapi telah mendapatkan akreditasi pada tahun 2017 yang lalu. “Dengan demikian, pemerintah daerah memiliki tugas untuk menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkwalitas, “sebutnya.

Bupati H Suyatno dalam sambutannya mengatakan, terwujud nya pembangunan puskesmas yang berdiri dengan megah merupakan hasil dari kerja keras bersama.

“Saya sangat bersukur dengan meresmikan puskesmas ini, saya rasa ini merupakan puskesmas termegah di Riau, “katanya.

Bupati juga menyebutkan, dengan di resmikannya puskesmas Bagansiapiapi, merupakan salah satu keseriusan pemerintah dalam membangun Rohil. Apalagi, puskesmas terletak di tengah-tengah pemukiman warga.

Dengan diresmikannya puskesmas Bagansiapiapi sebutnya, tentunya diharapkan pelayanan kesehatan harus dimaksimalkan serta di tingkatkan.

“Kepada dokter Erwinto selaku Kepala Puskesmas dan jajaran saya minta memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya, tidak boleh muka masam harus ada senyum simpul, karena kalau ada orang yang datang berobat dan kita masam akan tambah sakit,”paparnya.

Bupati juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah pusat yang telahbmemberikan perhatian kepada rohil, karena rohil merupakan daerah yang strategis yang berbatasan langsung dengan selat malaka.

“Saya mengajak masyarakat Rohil khususnya Bagansiapiapi dan sekitarnya ini, Ayo kita dukung program pemerintah yang telah memperhatikan negeri kita ini, Kita juga harus bangga bahwa di setiap Kecamatan itu sudah ada Puskesmas,”sebutnya.

Sementara itu, Tim Pengawal Pelaksanaan Pembangunan Pemerintah (TP4D) Kejari Rohil Farkhan Junaedi memberikan apresiasi kepada rekanan yang telah menyelesaikan pembangunan Puskesmas sesuai dengan ketentuan.

“Kita sangat memberikan apresiasi dari hasil pembangunan, yang mana pembangunan sudah sesuai dengan schedule dan dilaksanakan sesuai dengan aplikasi yang diberikan oleh pemerintah daerah,”sebutnya.

Selama dalam pembangunan tambahnya lagi, baik dinas terkait dan rekanan kontraktor senantiasa melakukan koordinasi dengan pihaknya.

“Sehingga pelaksanaan awal hingga akhir ini bisa berjalan dengan baik,”pungkasnya.

Penulis : Sagala
Editor : Masrul Gusti

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *