Koramil 04/Kubu Berjibaku Padamkan Karlahut Di Tiga Titik

  • Whatsapp

Rohil, Wartapesisir — Koramil 03/Kubu, Kodim 0321 Rokan Hilir (Rohil) hingga saat ini masih terus berjibaku dalam melakukan pemadaman Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut), Jumat (20/9/2019).

Pemadaman Karlahut ini dilaksanakan Koramil 04/Kubu di tiga titik api yang berbeda dengan membagi tim pemadaman.

Tim 4 Subsatgas 10 dengan personil 10 orang yanh dipimpin Pelda Sugiono melaksanakan pemadaman dan pendinginan di RT 02 RW 11, Desa Palika dengan luas lahan terbakar kurang lebih 8 hektar dengan titik koordinat
2°13’46,14598’N 100°24’39,58772’E.

Di titik ini, berbagai kendala dihadapi tim dalam melaksanakan pemadaman. Dimana, lahan dengan jenis tanah gambut membuat api sulit dipadamkan. Ditambah lagi angin kencang dan cuaca yang cukup panas.

Tim 3 Subsatgas 10 dengan jumlah personil sebanyak 20 orang dan dipimpin langsung oleh   Letda Arh Ratno  melaksanakan pemadaman dan pendinginan  di Kepenghuluan Rantau Panjang Kiri, Kecamatan Kubu Babussalam.

Dalam pemadaman ini, tim juga bekerjasama dengan Polri, PT RSL, PT Jatim, BPBD, Apem serta masyarakat setempat. Kebakaran juga telah menghanguskan setidaknya 50 hektar.

Dalam proses pemadaman di Rantau Panjang Kiri ini, tim juga dihadapkan dengan berbagai kendala. Dimana, lahan gambut dan semak belukar menjadikan api cepat meluas dan membesar.

Selain itu, angin kencang dan cuaca yang cukup panas juga menjadi penghalang bagi tim dalam melaksanakan pemadaman.

Sementara untuk pemadaman di titik ketiga, pemadaman dan pendinginan kebakaran langsung dipimpin oleh Serma Irsan Hasibuan di Dusun Teluk Durian, Kepenghuluan Teluk Nilap, Kecamatan Kubu Babussalam.

Di titik tiga ini, luas lahan yang terbakar telah mencapai 18 hektar. Bekerjasama dengan pihak Kepolisian, masyarakat dan relawan golfen fiture, TNI terus berupaya melakukan pemadaman dan pendinginan semaksimal mungkin.

Penulis : sagala

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *