Cegah Penyebaran Virus, Babinsa Dampingi Tim Media Cek Kesehatan Warga

Rohil (Wartapesisir) —Babinsa Koramil 05/Rimba Melintang Kopda Herpin Manurung bersama tim medis Puskesmas Bangko Kanan yang dipimpin Kapus Harjana Nanang Suriadi.Skm melakukan periksaan kesehatan warga yang berada di Kelurahan Bangko Kanan, Kecamatan Bangko Pusako, Rokan Hilir (Rohil), Minggu (26/4/2020).

Danramil 05/RM Kapten Czi A Panjaitan melalui Batituud Pelda Samsul Azhar mengatakan, setiap warga yang bepergian atau baru kembali dari luar daerah apalagi daerah yang pernah dikunjungi masyarakat tersebut menjadi zona merah terdampak virus covid 19, maka mereka wajib untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan mulai suhu tubuh, kondisi fisik hingga dilakukan pengecekan darah menggunakan alat Rapid Diagnosa Test.

Warga tersebut dilakukan pemeriksaan karena mereka baru saja kembali dari luar daerah,”katanya.

Hasil dari pengecekan tersebut lanjutnya, akan disampaikan ke masyarakat yang dilakukan pemeriksaan kesehatannya. Apabila hasilnya negatif kepada warga yang baru kembali agar melaksanakan isolasi secara mandiri selama 14 (empat belas) hari dirumahnya.

Apabila pemeriksaan tersebut hasilnya positif tambahnya, maka tim medis akan melakukan tindakan lebih lanjut untuk perawatan warga ke tingkat Rumah Sakit.

Namun selama ini setiap tim medis dari Puskesmas melakukan pemeriksaan terhadap warga yang baru kembali dari luar daerah ataupun baru kembali dari luar negri sebagai TKI belum pernah mendapati satu orang pun yang positif covid 19.

“Inilah bukti keseriusan aparat TNI bersama tim medis Puskesmas bekerja sama bahu membahu untuk memberantas habis mata rantai penularan dari covid 19,”pungkasnya.

Pos terkait