Babinsa Dampingi Petani Pasang Plastik Mulsa Untuk Demplot Tanaman Cabai

Rohil (wartapesisir) –-Pendampingan kepada petani cabai yang dilakukan Babinsa sebagai pendorong untuk mengatasi dan membangkitkan ekonomi keluarga yang ada di masyarakat saat ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Babinsa Koramil 05/Rimba Melintang Serda Ahmad Sopian dan Kopda Sugianto bersama pemilik lahan Wagirin melaksanakan pasangan plastik mulsa untuk tanaman cabai di demplot palawija di Dusun Balam Timur, Kepenghuluan Bangko Bakti, Kecamatan Bangko Pusako, Rokan Hilir (Rohil), Senin(22/6/2020).

Danramil 05/RM Kapten Czi A Panjaitan melalui Batituud Pelda Samsul Azhar mengatakan, pemasang platik mulsa untuk tanaman cabai tersebut dipasang sebelum dikakukan penanaman bibit cabai.

“Hal ini bertujuan untuk menjaga kelembaban dan kesuburan tanah serta terhindar dari gulma yang akan tumbuh pada bedengan tanaman cabai,”katanya.

Selain menjaga kelembaban dan kesuburan tanah lanjutnya, pada saat melakukan pemupukan nantinya, pupuk tidak bersebaran kemana-mana jadi akar tanaman cabai tersebut mudah untuk menyerapnya.

“Lahan yang berukuran luas sekitar 3000 meter persegi tersebut disiapkan untuk menanam cabai dengan varian cabai rawit dan cabai merah,”terangnya.

Pembuatan dan pendampingan demplot tanaman cabai yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 05/Rimba Melintang adalah sebagai salah satu upaya untuk mengalihkan masyarakat yang selalu tertarik pada tanaman kelapa sawit sebagai salah satu usaha untuk pemenuhan kebutuhan.

“Padahal ada sisi lain yang lebih menjanjikan hasilnya namun butuh usaha keras untuk tahap pengelolaannya agar mendapatkan hasil yang melimpah dan berkualitas jual yang tinggi,”pungkasnya.

Pos terkait