Danlanal Tanjung Balai Asahan Lakukan Konservasi Penyu Hijau di Pulau Jemur

ROKAN HILIR – Komandan Pangkalan ik Erwiory, S.E., didampingi Sekretaris Daerah (Setda) Rokan Hilir (Rohil) Job Kurniawan, memimpin pelepasan ribuan ekor anak penyu hijau (Tukik) di Pulau Jemur Kabupaten Rohil Provinsi Riau, Sabtu (14/8/2021).

Hal ini dilakukan sebagai wujud kepedulian TNI terhadap kelestarian satwa langka di daerah itu.

Dalam kesempatan tersebut, Danlanal TBA Letkol Robinson Hendrik Etwiory, S. mengatakan TNI AL disamping melaksanakan pengawasan di bidang pertahanan dan keamanan wilayah, juga berperan dalam melestarikan satwa langka untuk membantu pemerintah, salah satunya dengan melakukan konservasi penyu hijau.

“penyu hijau atau tukik ini merupakan salah satu hewan langka dan dilindungi, dan butuh pelestarian habitatnya.” Kata Danlanal Robinson

“Pulau Jemur merupakan salah satu tempat habitat penyu hijau, sehingga kita berkewajiban untuk menjaga kelestarian satwa ini melalui konservasi agar tidak punah,” sambungnya.

Lebih lanjut Danlanal TBA juga mengatakan Pulau Jemur merupakan pulau terluar yang memiliki potensi cukup besar, salah satu potensinya sebagai destinasi wisata, namun terkendala dengan jaringan sinyal sehingga tidak bisa berkomunikasi. Selain itu di pulau ini juga belum terdapat bangunan dermaga.

“Diharapkan kepada pemerintah daerah untuk bisa mengatasi dan mewujudkan kekurangan fasilitas tersebut.” Katanya

Bupati Rohil yang diwakili Sekda Job Kurniawan menyampaikan apresiasi terhadap konservasi penyu hijau yang dilaksanakan TNI AL Lanal TBA.

Ia mengatakan Pemkab Rohil siap bekerjasama dengan TNI AL dalam hal menjaga kelestarian satwa serta mewujudkan potensi wisata di pulau terluar di Sumatera yang berbatasan dengan Malaysia itu.

“Kami sangat bangga, wilayah laut kami diawasi oleh dua Pangkalan TNI AL yakni Lanal Dumai dan Lanal TBA. Kami siap bekerjasama dengan TNI AL,” ucapnya.

Sementara itu, Pangkoarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., memberikan apresiasi kepada Lanal TBA yang turut serta berperan dalam pelestarian dan melindungi satwa langka Penyu.

“Sudah seyogyanya keberadaan Pangkalan TNI AL di daerah-daerah dapat berperan membantu pemerintah daerah untuk dalam berbagai hal, termasuk melindungi dan melestarikan ekosistem lingkungan hidup di wilayah masing-masing,” tegasnya.

Pada kesempatan itu juga terlihat hadir Kadis Perhubungan Rohil Jasrianto,Kadis Kominfo Rohil Hermanto, Kadis Perikanan Rohil M. Amin, Kadis pariwisata, Danposal, dan Kapolres yang di Wakili Airud. (Red)

Pos terkait