Kegiatan Nonfisik TMMD Kodim 0321/ Rohil, Gelar Penyuluhan Bela Negara

ROKAN HILIR – Setelah dibuka secara resmi TMMD ke-117 Kodim 0321/Rohil pada tanggal 12 Juli 2023 yang lalu oleh Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong S.I.P, berbagai kegiatan tengah dilaksanakan baik sasaran fisik maupun non fisik.

Salah satu kegiatan sasaran non fisik adalah penyuluhan bela negara kepada warga masyarakat Desa Bangko Lestari Kec. Bangko Pusako, yang digelar pada Sabtu (15/7/2023) bertempat di Aula Kepenghuluan Bangko Lestari Kec. Bangko Pusako Kab. Rohil.

Kegiatan penyuluhan tersebut dihadiri oleh tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, Penghulu Bangko Lestari dan warga setempat serta undangan lainnya

Saat giat digelar, Para peserta yang hadir tampak antusias mengikuti penyuluhan bela negara yang disampaikan oleh Lettu Arh Ghani Yostama yang sekaligus merupakan Komandan SSK TMMD ke-117 Kodim 0321/Rohil.

Dalam penyampaiannya Lettu Arh Ghani mengatakan bahwa bela negara merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara seperti yang tercantum dalam pasal 30 ayat 1 UUD 1945 yang berbunyi “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”.

” Bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara seutuhnya,” tambahnya.

Dia juga mengatakan salah satu contoh lainnya dalam bela negara yang dapat dilakukan oleh masyarakat antara lain seperti melestarikan budaya bangsa, belajar dengan rajin bagi para pelajar, taat akan hukum dan aturan negara serta mencintai produk dalam negeri.

Diakhir kegiatan tampak beberapa warga ada yg bertanya dan ingin lebih memahami tentang bela negara, mereka juga menyampaikan terima kasih atas diselenggarakannya kegiatan penyuluhan tersebut. (Rilis)

Pos terkait