Diikuti 12.000 Anggota, Bupati Rohil Buka RAT Koperasi CU Tunas Muda

  • Whatsapp

BAGANBATU, WartaPesisir.com – Bupati Rokan Hilir, H Suyatno membuka secara resmi Rapat Akhir Tahunan (RAT) Koperasi Kredit Union (CU) Tunas Muda yang dilaksanakan di Pelataran Suzuya Baganbatu, Kecamatan Bagan Sinembah, Sabtu (10/2).

RAT yang diikuti 12.000 anggota itu dihadiri Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Provinsi Riau Dra Yulwiriati Moesa Apt M.Si, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Rohil, Wakil Ketua DPRD Suyadi, Camat Bagan Sinembah dan undangan lainnya.

Bupati dalam sambutannya mengucapkan selamat dan apresiasi kepada pengurus, pengawas dan seluruh anggota koperasi atas penyelenggaraan RAT Koperasi CU Tunas Muda. Dia mengatakan, dengan dilaksanakan RAT ini berarti pengurus dan pengawas sudah menunjukkan kinerja yang baik dan mampu menjabarkan amanat yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, dimana seluruh anggota koperasi diwajibkan untuk mengadakan RAT sebagai wahana dalam melahirkan keputusan tertinggi dalam tata kehidupan demokrasi koperasi.

Menurutnya sebagai lembaga yang berazazkan gotong-royong, koperasi memiliki peran strategis dalam menggerakkan perekonomian masyarakat khususnya yang tergabung dalam wadah koperasi.

“Keterbatasan anggaran dalam mempercepat pembangunan daerah, terutama pada sektor pembangunan ekonomi, belumlah memungkinkan menyediakan permodalan yang memadai untuk diberikan kepada para pelaku usaha mikro dan kecil. Meskipun demikian, pemerintah khususnya Pemkab Rohil akan terus berupaya melakukan pembinaan kepada lembaga perkoperasian demi terwujudnya Visi Kabupaten Rohil yakni terwujudnya Rokan Hilir Yang Maju dan Sejahtera 2021,” jelasnya.

Bupati menilai, koperasi yang anggotanya didominasi masyarakat dalam kelompok ekonomi menengah kebawah perlu didukung dari pihak lain untuk mendapatkan pinjaman, permodalan usaha yang terjangkau, cepat dan murah yang dapat membantu dalam menggerakkan perekonomian rakyat melalui wadah koperasi.

Selain itu, dia juga menghimbau kepada perusahaan-perusahaan yang ada dilingkungan kerja koperasi agar dapat berpartisipatif aktif dalam program development service dan mempunyai kepedulian untuk membantu permodalan, agar koperasi terus dapat berkarya demi kemajuan masyarakat.

“Kepada Dinas Koperasi baik Provinsi maupun Kabupaten Rohil serta Camat untuk senantiasa terus memberikan perhatian dan pembinaan secara berkelanjutan supaya roda perekonomian terus berjalan dan dapat terus ditingkatkan,” harap dia.

Pada pembukaan RAT Koperasi CU Tunas Muda tersebut, Bupati juga mengingatkan kepada masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN), bahwa saat ini telah memasuki tahun politik, dimana beberapa agenda Nasional saling bersambut. Hal ini, lanjut dia ditandai dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018, termasuk diantaranya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau yang pada bulan Februari ini akan dimulai tahapan masa kampanye dan diakhiri pada Juni 2018 nanti akan dilaksanakan penggunaan hak suara (pencoblosan) ditempat pemungutan suara.

Selanjutnya pada tahun 2019 mendatang, juga akan dilaksanakan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden. Oleh karena itu, dia meminta kepada seluruh warga masyarakat, khususnya anggota Koperasi CU Tunas Muda agar dapat berperan aktif dalam menjaga dan memelihara kenyamanan serta keharmonisan ditengah-tengah masyarakat. Sehingga momentum Pilkada serentak 2018 nantinya berlangsung sukses dan kondusif. 

“Kepada para ASN untuk tidak terlibat pada politik praktis, karena hal tersebut mempunyai konsekwensi hukum yang dapat menjadi batu sandungan dan menyulitkan atas pengembangan dan keberlangsungan karier saudara dimasa yang akan datang,” demikian Suyatno. (ded)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.