26.777 Siswa SD-SMP di Rohil Ikuti Ujian Nasional

  • Whatsapp

BAGANSIAPIAPI, WartaPesisir.com – Sebanyak 26.777 siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) dan Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) di Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau mengikuti Ujian Nasional atau UN, Senin (22/4).

“Kita berpesan kepada para siswa agar mengikuti ujian dengan serius sehingga memperoleh hasil yang memuaskan,” kata Wakil Bupati Rokan Hilir, Jamiludin usai memantau pelaksanaan UN di Yayasan Perguruan Wahidin Bagansiapiapi.

Wakil Bupati saat memantau pelaksanaan UN kala itu didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Rokan Hilir, Muhammad Rusli Syarif.

“Harapan kita hasil ujian tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya,” ujar Jamiludin.

Adapun dari total 26.777 siswa yang mengikuti ujian dengan rincian sebanyak 14.529 orang peserta tingkat SD/MI mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dari 427 sekolah. Sedangkan sebanyak 12.248 orang peserta tingkat SMP/MTs mengikuti UN dari 199 sekolah.

Khusus tingkat SMP/MTs hanya beberapa sekolah yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), diantaranya SMP Yayasan Perguruan Wahidin, SMP Bintang Laut, SMP Setia Budi, SMPN 1 Bagan Sinembah, SMPN 2 Bagan Sinembah, SMPN 4 Bagan Sinembah, SMP Islam Babussalam Baganbatu, SMP Swasta Abdi Negara Bangko Pusako, dan SMPN 6 Bangko Pusako Satu Atap.

“Hari ini pelaksanaan Ujian Nasional SD dan SMP kita samakan, karena akan menghadapi bulan suci Ramadhan,” kata Kepala Disdikbud Kabupaten Rokan Hilir, Muhammad Rusli Syarif.

Ia pun berharap tingkat kelulusan kembali meningkat, mengingat tahun sebelumnya hasil UN SD dari rangking 11 bisa mencapai rangking tiga. Begitu juga UN SMP yang sebelumnya dari rangking sembilan menjadi rangking lima se Provinsi Riau.

“Tahun ini harapan saya paling tidak rangking dua, ya syukur-syukur rangking satu. Tapi kalau dari rangking tiga ke empat tentu kita evaluasi lagi guru-gurunya, paling tidak ya harus tetap rangking tiga,” ujar Rusli. (Ant/Fml)

Bagikan Halaman Ini :

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *