PHR Berbagi Ilmu dan Semangat Lestari kepada Pelajar di Momen Hari Lingkungan Hidup 2024

 

DURI — Puluhan pelajar tingkat SMP dan SMA di Duri tampak antusias mengikuti rangkaian agenda Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia 2024 yang diselenggarakan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) di Widuri Club, Rabu (19/6/2024).

Acara yang mengangkat tema “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan“ tersebut memberikan edukasi dan sosialisasi kepada para pelajar untuk pengelolaan sampah, menjaga alam dan menjaga lingkungan hidup untuk lingkungan yang lebih sehat. Rangkaian acara tersebut sudah dilaksanakan sejak 5 Juni 2024, di area Duri dan Bangko.

Berbagai kegiatan menarik dihadirkan dalam acara ini, antara lain talkshow dan pemaparan tentang peningkatan informasi aspek sumber daya alam (SDA), keanekaragaman hayati, dan penanganan krisis iklim dengan menghadirkan mitra binaan PHR: Rimba Satwa Foundation (RSF) dan Rumah Jahit Lestari (RJL), lomba kampanye lingkungan hidup dan studi ekskursi/edukasi pengelolaan sampah di IWMF Pematang, kegiatan edukasi/lomba kampanye lingkungan hidup untuk tingkat SMP dan SMU se Kecamatan Mandau dan perwira serta mitra kerja yang ada di North Area.

Selain itu juga telah dilaksanakan kegiatan edukasi/lomba kampanye lingkungan hidup untuk tingkat SMP dan SMU se Kecamatan bangko Pusako, jalan sehat sambil memungut sampah hingga aksi penanaman pohon di Bangko, Kabupaten Rokan Hilir.

“Kegiatannya sangat menarik dan mengedukasi kami untuk lebih cinta terhadap lingkungan. Kami bisa belajar pengelolaan sampah hingga memahami peran alam bagi kita,” kata Amelia, salah satu peserta.

Camat Mandau diwakili oleh Kasi PMD, Muhammad Faizal menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kegiatan ini. Ia melihat bahwa kegiatan PHR ini sebagai komitmen perusahaan terhadap masyarakat di wilayah operasinya.

“Kami ketahui banyak sekali kegiatan sosial dan lingkungan yang dilakukan PHR. Semoga kegiatan ini berkelanjutan dan di dapat menumbuhkan rasa peduli lingkungan bagi masyarakat sekitar PHR,” ujar Faizal.

Ia juga mengingatkan para pelajar tentang pentingnya menjaga lingkungan di tengah krisis iklim dan lingkungan yang sedang dihadapi saat ini. “Mari kita bersama-sama, sebagai penerus bangsa, menggalakkan semua tindakan terhadap lingkungan. Salah satunya dengan menjaga kebersihan, memilah sampah, dan tidak membuang sampah sembarangan,” imbuhnya.

Di tempat terpisah, VP OE/HES PHR WK Rokan, Tujuan Sanggam Silaen mengatakan bahwa kegiatan yang diperingati setiap 5 Juni ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan. “Kita mesti terus menularkan semangat menjaga alam yang lestari, untuk mewarisi kepada anak cucu kita nanti lingkungan yang bersih dan sehat,” ujarnya.

Tujuan menekankan bahwa pengelolaan lingkungan hidup dapat dimulai dari hal-hal sederhana, seperti mengelola sampah dengan baik. “PHR telah melakukan berbagai upaya pelestarian lingkungan, seperti mengelola bank sampah, konservasi dan agroforestri, membangun wetland hingga menghadirkan ekoriparian di Riau. Harapannya dengan adanya perayaan ini, kita semua semakin peduli terhadap lingkungan,” ungkapnya.

Kegiatan Hari Lingkungan Hidup yang digagas PHR ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para pelajar tentang pentingnya menjaga lingkungan dan memotivasi mereka untuk melakukan tindakan nyata dalam menjaga kelestarian alam.***

 

Pos terkait