Lima ODP di Labuhan Tangga Kecil Jalani Rapid Test

  • Whatsapp

ROKAN HILIR, WARTA PESISIR – Jajaran Dinas Kesehatan Rohil melalui Puskesmas Pembantu (Pustu) dan Poskesdes Kepenghuluan Labuhan Tangga Kecil (LTK), kec. Bangko, melakukan Rapid test atau pemeriksaan cepat covid-19, terhadap Orang Dalam Pemantauan (ODP) di desa itu, Kamis (16/4/2020) pagi.

Untuk pemeriksaan yang dilakukan secara door-to-door ke rumah masing-masing warga yang tercatat sebagai ODP itu, pihak Pustu sengaja mendatangkan tenaga medis profesional dari Puskesmas induk Bagan Punak yakni, dr. Tri Putri Manhusni, dan petugas teknis Laboratorium medis Puskesmas Bagan Punak, Vatia Ulpa.

Kepala Poskesdes LTK, Novita Wulandari Amd.Keb, menyebut, pelaksanaan Rapid Tes di lakukan pada warga yang masuk dalam kategori ODP dengan Jumlah 5 orang.

“untuk hari ini kita fokus kepada 5 ODP dulu, sesuai dengan quota diberikan untuk desa kita,” Novita Wulandari yang akrab disapa Wulan.

Disampaikan Wulan, untuk desa Labuhan Tangga Kecil sendiri, terdapat 45 jumlah ODP. Data ini berdasarkan hasil kerjasama dengan Satgas Siaga Covid 19 didesa itu. Namun kata Wulan, sebagian besar dari jumlah tersebut sudah selesai menjalani masa pemantauan.

“dua dari lima ODP yang menjalani rapid test ini berasal dari daerah tranmisi lokal yakni Pekanbaru, sementara tiga lainnya berasal dari Sumut dan Batam,” ujarnya

Sementara itu, dr. Tri Putri dari Puskesmas induk menyampaikan, usai dilaksanakan Rapid tes, warga tetap diimbau untuk melakukan isolasi diri selama 14 hari.

“Kita sarankan untuk tetap isolasi mandiri, makan bergizi dan sehat, olahraga, berjemur, dan memakai masker, apabila ada keluhan, silahkan hubungi pihak medis terdekat” pesan dr Tri Putri.

Lalu salah satu warga yang tes, Udo Ilan mengatakan, dirinya baru pulang dari Basilam dan diberi tahu untuk menjalani Rapid tes.

“Aku bau balik dai Basilam, aku masuk suluk disinun, udah Ado limo ai aku balik dah, ai ko aku di pek eso (saya baru pulang dari Basilam, masuk suluk disana, sekitar Lima hari lalu saya pulang, hari ini saya di tes -red) ” kata Ilan dengan logat Melayu Rohil yang kental.

Selain pihak medis, pelaksanaan rapid test itu juga didampingi oleh Penghulu Labuhan Tangga Kecil Eduar Adi, Kapolsek Bangko yang diwakili Bhabinkamtibmas Bripka Syahrudin, Babinsa Labuhan Tangga Kecil, Koptu Joni Kurniawan, Kadus Ismail, dan Kadus Lubuk Katung Bahtiar Bahar serta unsur pemerintah desa setempat juga terlihat hadir.  (Lursam)

Bagikan Halaman Ini :

Pos terkait